Translate

Home » , , » Serundeng Daging Sapi

Serundeng Daging Sapi

Written By WidyaS on Jumat, 14 Mei 2021 | 23.54

Serundeng Daging Sapi

Salah satu cara mengolah daging sapi adalah dengan cara menggorengnya dengan kelapa parut, jenis kuliner ini merupakan bagian dari keluarga besar kuliner tradisional Indonesia, kita mengenalnya dengan sebutan Serundeng. Ya, serundeng. Kali ini kami bagikan resep keluarga Serundeng Daging Sapi yang mak nyuuuuus.  Caranya mudah kok, ada juga tipsnya

Bahan utama:
  1. 1 butir kelapa jangan terlalu tua, juga jangan terlalu muda, parut.
  2. ¾  kg daging sapi, sebaiknya has dalam, tapi tidak harus. Anda bahkan bisa membuatnya dari jeroan sapi, termasuk babat.
Bumbu halus:
  1. 9 bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 1 sdm ketumbar
  4. 2 sdm gula merah
  5. 1/2 sdt merica bubuk
  6. 1 sdm garam
Bumbu tidak dihaluskan:
  1. 1 batang serai
  2. 3 lembar daun pandan
  3. 2 cm jahe, memarkan
  4. 2 cm lengkuas, memarkan
  5. 2 sdm air asam jawa
  6. 3 lembar daun salam
Proses pembuatan:
  • Rebus daging atau jeroan sapi dalam presto bersama serai dan daun pandan hingga matang dan empuk, kurang lebih 15 menit tergantung nyala apinya. Potong daging sesuai selera.
  • Tumis bumbu-bumbu lain hingga harum, masukan daging, aduk sejenak, tambah minyak goreng secukupnya agar kelapa parut dan semua bahan lain tenggelam. (Catatan: Masak serundeng dengan minyak banyak hasilnya akan lebih bagus dan lebih nikmat)
  • Setelah minyak panas masukan kelapa parut, goreng dengan api kecil sampai sedang, hingga warna kelapa kecoklatan.
  • Setelah warna kelapa kecoklatan, angkat dan tiriskan hingga minyak benar-benar tiris alias keluar dan serundeng kering.
  • Angkat dan sajikan.
Tips: untuk meyakinkan rasa manis dan asin, cicipi dahulu serundeng sebelum di angkat, rasa asin dan manis tidak selalu sama dalam setiap takaran karena kadar gula dan garam berbeda.