Translate

Home » , , » Sate Ayam Istimewa

Sate Ayam Istimewa

Written By WidyaS on Kamis, 15 Juni 2023 | 02.34

 

Sate Ayam

Kali ini kami ingin berbagi resep berupa resep sate ayam, tapi kini kami tidak akan membagikan resep yang biasa-biasa saja. Kami akan membagikan resep sate ayam yang berbeda, tapi yang istimewa. Dan anda bisa mencobanya sendiri di rumah untuk mencukupi protein dan nutrisi lain secara enak dan sederhana lagi murah. Dijamin bila mengikuti ini anda akan puas.

Pertama siapkan tusukan sate, kemudian,

Bahan Dasar:

Daging ayam sesuai kebutuhan dengan catatan 1kg biasanya menjadi sekitar 60 tusuk bila untuk sendiri. Ayam negeri, JANGAN ayam kampung karena akan lebih empuk dan menyerap sausnya nanti.

Bumbu Saus:

Kacang Tanah (goreng atau sangrai lebih baik) 1.5 ons,
Kacang Mete (goreng jumlahnya sepertiga bagian dari kacang tanah)
Cabai goreng sesuai selera,
Gula Jawa sesuai,
Asam 1 sdt,
Garam secukupnya,
Bawang Putih 4 siung besar,
Bawang merah 6 siung nesar,
Kencur 1 sdm.

Bumbu Oles:

Kecap Manis 5 sdm
Bawang Digeprek 1 siung besar
Mentega Cair 2 sdm
Merica Bubuk 0.5 sdt.

(bumbu oles dicampur dan biarkan 1-2 jam biar nge-blend)

Proses:

Ayam potong dadu, tusuk-tusuk sekitar 7 potong per tusuknya. Bumbu saus setelah di goreng atau panggang diulek menggunakan cobek atau alat tumbuk yang lebih besar, jangan gunakan blender karena rasanya akan sangat berbeda. Biarkan sampai menjadi seperti bumbu peceel.

Ayam yang sudah ditusuk kemudian dibakar di atas arang atau tungku pembakar gas di kompor, sebelum untuk membakar tungku dioles minyak agar tidak lengket. Bakar sambil diolesi bumbu bakar. Angkat saat sudah merah kekuningan, jangan terlalu matang, tidak enak.

Penyajian:

Siapkan 1.5 gelas air untuk saus, didihkan, lalu masukan bumbu kacang yang sudah ditumbuk tadi, tambah sedikit kecap, cicip agar pas rasanya. Anda bisa menambahkan sedikit penyedap bila mau. Setelah mengental lalu siapkan ayam yang sudah dibakar dalam piring saji lalu siramkan. Atau bila untuk artistik anda bisa menyapkan dua wadah terpisah. Beres. Dan dijamin sate ayam anda lebih enak dari langganan anda!