Translate

Home » , , , » Tips Membuat Sate Kambing Enak dengan Sajian Menggoda.

Tips Membuat Sate Kambing Enak dengan Sajian Menggoda.

Written By WidyaS on Rabu, 28 Juni 2023 | 01.37

Sate Kambing

Sering kali kami bahkan ketika makan di rumah makan sate kambing terkenal dikecewakan dengan warna sate yang terlalu kehitaman sudah begitu dagingnya alot karena berasal dari kambing yang ketuaan. Lumayang kecewa juga ketika menikmati sate item berkontur alat tersebut kan. Sebenarnya ada rahasia agar sate kambing kelihatan menggoda, dengan kematangan sesuai dan rasanya empuk. Ini dia rahasianya:

Agar sate empuk.

Daging kambing harus berasal dari kambing BETINA muda usia sekitar  6 bulananlah. Daging dari kambing seusia ini akan menghasilkan daging yang empuk dan harum, maksimal pembakaran terenak dan aman ya di kisaran medium.

Agak ribet kalau milih kambing muda. Solusinya datang ke penjual daging kambing yang langganannya para penjual sate, umumnya mereka menyediakan daging sesuai kebutuhan para penjual.

Tapi kalau ternyata dapatnya masih kambing tua juga, ada cara sederhana untuk membuatnya empuk. Blender buah nanas lalu campurkan sekitar tunggu 20-30 menit lalu bakar jangan kelamaan karena daging bisa jadi bubur! Tapi biasanya di penjual daging yang berlangganan para penjual sate mereka akan menyediakan bahan terbaik.

Pemanggangan

Kunci agar warna sate menarik adalah di pemanggangan. Coba saja siapkan bumbu oles dengan perbandinga 1 bawang putih geprek, 1 sendok makan mentega dicairkan, 2 sendok makan kecap manis, 0.25 sendok teh halus, semua bahan itu dicampur. Digunakan sebagai bumbu oles.

Sebelum mulai memanggang olesi pemanggang dengan minyak sayur atau mentega cair, panggang daging TANPA diolesi dengan bumbu pemanggang dulu, biarkan daging setengah matang baru dibalik, setelah dibalik baru diolesi bumbu oles, tunggu hingga daging disebaliknya juga setengah matang, balik lalu olesi. Kemudian dibalik lagi hingga matang dan nagkat, sudah siap saji, sudah enak juga. Cobain saja.

Bumbu

Kecap: Kecap, bawang merah, cabai, tomat. Tiga terakhir potong sesuai selera, dicampur kecap, siap. Kalau suka bisa ditambah merica bubuk dikit.

Kacang: (ini komposisinya) Kacang Tanah sangrai/goreng 0.75%, kacang mete sangrai/goreng 0,25%, cabai sesuai selera, asam jawa 1sdm jika kacangnya 1kg, gula jiwa sesuai kebutuhan karena kadar kemanisan gula jawa berbeda-beda, bawang putih 7 siung, bawang merah 7 siung, garam. Kecuali garam dan gula semua ditumbuk seperti bumbu pecel. Saat mencairkan jangan disedu, tapi direbus sampai kental. Sudahh!

Selamat mencoba!