Translate

Home » , , , , » Sroto Sokaraja

Sroto Sokaraja

Written By WidyaS on Rabu, 12 Juli 2023 | 02.49



Sokaraja merupakan kota kecamatan yang terletak di tenggara kota Purwokerto, secara administratif masuk kedalam wilayah Kabupaten Banyumas. Namun demikian Sokaraja merupakan daerah penting bagi Banyumas, sumbangan penting itu antara lain berupa kuliner khas yang berasal dari sana.

Ada dua kreasi kuliner yang menjadi ikon Banyumas yang berasal dari Sokaraja, yaitu Sroto (Soto) Sokaraja dan Getuk Goreng sokaraja.

Sroto Sokaraja merupakan jenis soto yang unik dan memiliki cita rasa tersendiri, bisa berupa soto ayam mauoun soto daging sapi bahkan campuran diantara keduanya. Bisa juga berupa soto babat. Yang khas lainnya adalah penggunaan kerupuk. Sroto Banyumas aslinya tidak memakai kerupuk biasa yang terbuat dari terigu, namun menggunakan MIRENG (singkatan dari Mie Goreng) yang terbuat dari tepung tapioka. Umumnya kerupuk itu akan ditemas hancur kemudian di sajikan di atas soyo, Namun kini pada umumnya kerupuk ini sudah jarang dipakai di warung-warung soto di sana. Mungkin karena alasan harga.

Berikut adalah resep Sroto Banyumas, kayaknya kalau dibuat dengan benar, Anya Geraldine pun bakal sukaa ... hahaha. Selamat mencoba!

Sroto Sokaraja

BAHAN:
  1. 500 kg daging Sapi, atau Ayam Kampung rebus
  2. 250 gr soun.cuci dd air lalu diseduh air hangat lalu tiriskan
  3. 250 gr toge pendek,rebus tiriskan
  4. 4 batang daun bawang,dirajang pendek
  5. Ketupat
  6. Mireng atau Krupuk pasar warna warni,goreng
  7. Bawang goreng secukupnya
  8. Kecap manis. 

BUMBU HALUS:
  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2 ruas jahe
  4. 1 ruas kunyit
  5. 3 butir kemiri
  6. 1 sdt merica
  7. ½ butir pala memarkan
  8. Semua bumbu ini ditumis sampai harum
  9. 3 ruas lengkuas memarkan
  10. garam secukupnya

BAHAN SAMBAL KACANG:
  1. 250 gr kacang tanah,goreng atau sangrai lalu haluskan
  2. 2-3 siung bawang putih
  3. 5 buah cabe rawit
  4. 2 buah cabe merah
  5. gula merah dan garam secukupnya
Semua bahan kecuali gula dan garam digoreng sebentar ,haluskan campur dg kacang yg sudah dihaluskan,beri air matang untuk mengentalkan secukupnya.

Mireng


CARA MEMBUAT:

Masak air sampai mendidih,masukkan kuah rebusan daging lalu masukkan daging dan bumbu halus,tambahkan lengkuas,garam dan gula,tgu sampai mendidih.

PENYAJIAN: Susun dalam dalam mangkok,irisan ketupat,soun,toge,daging,sambal kacang,daun bawang iris,bawang goreng, irisan daging dan krupuk yang diremas. Tambahkan kecap dan kuahnya.
Sajikan.

Sebagai variasi bisa ditambahkan telor rebus, taruh diatas mangkuk yang sudah siap saji.